5 Cara Simpel Agar Tetap Sehat Di Tengah Kesibukan

busy-yet-healthy

Siapa bilang padatnya aktivitas nggak bisa membuatmu untuk tetap hidup sehat? Ini dia tipsnya!

Memiliki segudang aktivitas mungkin membuatmu jadi tidak punya waktu untuk berolahraga atau menjaga asupan makanan. Tapi bagaimanapun, kesehatan adalah hal yang patut diperhatikan. David B Agus, seorang peneliti kanker yang juga merupakan dosen di salah satu universitas di California, punya lima langkah mudah agar kamu tetap bisa sehat di tengah-tengah kesibukanmu.

 

  1. Pilih dan Olah Makanan dengan Benar

Menurut David, berbelanja sayuran dan buah yang belum diproses adalah pilihan yang tepat karena itu merupakan natural foods. Ia bahkan menyarankan untuk tidak membuat jus dari buah dan sayur karena itu akan mengoksidasi dan menurunkan kualitas buah dan sayur tersebut sehingga membuat manfaatnya jadi semakin berkurang.

 

  1. Makan di Waktu yang Sama Setiap Hari

Makan, tidur, atau bangun tidur dengan waktu yang tidak menentu (selalu berubah-ubah) bisa menyebabkan efek negatif terhadap tubuh karena memengaruhi tingkat hormon dalam tubuhmu.

 

  1. Jangan Terlalu Lama Duduk

Buat David, terlalu lama duduk itu sama bahayanya dengan merokok. Menurutnya, sering berjalan kaki sudah membantu. Ia bahkan memilih untuk berdiri ketika menelepon dan mencoba untuk berdiri sesering mungkin dalam sehari. Mungkin ini bisa kamu coba lakukan juga, Fimelova. Pretty simple!

 

  1. Pakai Sepatu yang Nyaman

Jangan memakai sepatu yang bikin kakimu sakit. Jangan lupa juga untuk selalu siap dengan vitamin yang bisa mengurangi risiko serangan flu. Kedua hal ini mungkin terdengar tidak berhubungan, tapi percaya atau tidak, dua tindakan tersebut bisa mencegah tubuhmu terserang peradangan, Fimelova. Meski terdengar bukan penyakit yang berbahaya, tapi menurut David peradangan bisa memicu penyakit jantung dan bahkan kanker.

 

  1. Kenali Keadaan Tubuhmu

Untuk mengetahui seberapa sehat tubuhmu, rutin check-up adalah tindakan yang sangat dianjurkan oleh David. Degan selalu meng-update kondisi kesehatan, kamu jadi bisa cepat tahu jika ada yang salah dengan tubuhmu. Pastikan juga kamu tahu makanan atau asupan apa yang cocok dengan tubuhmu. Cek juga riwayat kesehatan keluargamu. Seandainya ada yang mengidap penyakit jantung, kanker, atau penyakit lainnya di anggota keluarga, kamu harus lebih menjaga kesehatan agar risiko mengidap penyakit tersebut semakin berkurang.

Jadi, mulai sekarang tidak ada alasan lagi untuk tidak menjalankan hidup sehat kan? Jangan ragu juga untuk menjadikan hal tersebut sebagai bagian dari resolusi tahun 2015-mu, ya!

 

Sumber: Fimela.com

 

 

Hubungi Kami
Call / SMS
Whatsapp
cus-support-2
  We hate spam and never share your details.