Ciri Adonan Yang Anda Uleni Telah Kalis Sempurna

ciri-adonan-yang-anda-uleni-telah-kalis-sempurna

Saat membuat adonan roti, martabak, atau donat, satu kunci yang paling mempengaruhi proses menguleni adonan adalah ‘kalis’. Jika adonan telah menjadi kalis, proses menguleni adonan dapat diakhiri.

Lalu, bagaimanakah ciri adonan yang sudah kalis?

Beberapa ciri berikut dapat menandakan bahwa adonan Anda telah kalis atau selesai diuleni.

  • Elastis

    Adonan menjadi elastis seperti karet saat di tarik. Coba tekan sedikit adonan Anda, jika adonan kembali ke bentuk asalnya, berarti adonan telah kalis.

  • Dapat membentuk lembaran tipis

    Coba rentangkan adonan dan buat menjadi tipis. Bila adonan menjadi sedikit transparan dan tak mudah robek, maka adonan sudah dapat dikatakan kalis.

  • Tidak lengket di tangan

    Ini adalah cara termudah melihat apakah adonan yang Anda buat telah menjadi kalis atau tidak. Saat adonan tak lagi lengket di tangan Anda ataupun di tempatnya dan tangan serta tempat yang Anda gunakan telah bersih dari adonan, maka itu berarti adonan Anda telah kalis dan siap untuk menjalani proses selanjutnya.

Tujuan menguleni adalah untuk memperkuat protein gluten dalam adonan agar terbentuk tekstur dan bentuk roti yang bagus dan enak. Karena itu, pastikan Anda menguleni adonan sampai kalis sebelum diproses.

 

Sumber: vemale.com

Hubungi Kami
Call / SMS
Whatsapp
cus-support-2
  We hate spam and never share your details.