Sederet Manfaat Liburan Bagi Kesehatan

HOlidays

Liburan selalu jadi hal yang dinanti-nanti, apalagi buat yang masih kuliah dan yang sudah bekerja. Biasanya, liburan jadi momen refreshing dan me time. Tidak jarang kota-kota seperti Bandung, Yogyakarta, Malang, Bali, Lombok dan sebagainya penuh sesak saat liburan.

Sejatinya hari libur justru memiliki banyak manfaat lho! Baik itu manfaat untuk kesehatan ataupun manfaat bagi pekerjaan Anda. Jelang akhir tahun ini, ada banyak tanggal merah. Jangan kerja terus, ayo liburan. Dilansir oleh national.deseretnews.com inilah 5 manfaat liburan.

  • Kesehatan Fisik yang Lebih Baik

Inilah salah satu manfaat berlibur bagi Anda,kesehatan fisik yang lebih baik. Jika hari-hari Anda disibukkan dengan pekerjaan kantor, tentu performa fisik Anda terkuras. Solusi terbaik memulihkan kesehatan fisik adalah istirahat atau liburan. Gunakan sebaik mungkin waktu liburan untuk istirahat dan terlepas dari pekerjaan kantor apapun itu. Cerahkan kembali pikiran dengan liburan, yakin kesehatan fisik maupun psikis Anda akan sedikit membaik dari hari biasanya.

  • Meningkatkan Produktivitas

Karena lelah bekerja di kantor setiap hari, tidak jarang produktivitas seseorang akan berkurang. Pekerjaan yang sama setiap hari mungkin Anda membuat Anda bosan. Dan kebosanan inilah yang disinyalir mampu membuat tingkat produktivitas Anda menurun. Gunakanlah waktu liburan sebaik mungkin di akhir pekan atau akhir tahun yang diberikan kantor kepada Anda. Sungguh hal ini akan meningkatkan produktivitas Anda kembali menjadi lebih baik. Pastinya dengan liburan Anda juga akan lebih kreatif.

  • Hubungan Lebih Dekat Dengan Keluarga / Pasangan

Meluangkan waktu sejenak untuk menikmati hari libur bersama keluarga atau pasangan, dipastikan akan membuat hubungan yang semakin dekat antara keduanya. Gunakanlah hari libur Anda untuk bersantai bersama keluarga. Bersantai dapat Anda lakukan dengan belajar memasak bersama, jalan-jalan untuk makan di luar atau sekedar menikmati film kesukaan Anda bersama keluarga dan pasangan.

  • Peningkatan Kekuatan dan Kesehatan Mental

Penelitian oleh University of California Irvine Gregory Hickok mengemukakan bahwa otak memiliki satu ruang untuk menyimpan energi dan kekuatan mental. Dan salah satu hal yang harus Anda lakukan agar otak tetap menyimpan cukup banyak cadangan kekuatan adalah dengan liburan. So, gunakanlah liburan semaksimal mungkin untuk meningkatkan kesehatan dan kekuatan mental Anda. Karena liburan mampu mengatur ulang pikiran Anda, tidak heran jika liburan akan berpengaruh baik bagi mental.

  • Perspektif Yang Lebih Fresh

Liburan di sini juga memiliki manfaat mengubah perspektif Anda menjadi lebih baik dan baru. Keseriusan untuk bekerja akan membuat Anda hanya terfokus pada pekerjaan dan melupakan hal lainnya. Inilah yang harus Anda lawan, tinggalkan perspektif lama dengan berlibur. Pandangan yang lebih baru juga akan membantu Anda memaksimalkan kinerja Anda di kantor.

Siapa bilang liburan akan merusak pekerjaan atau tugas kuliah Anda. Liburan ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Sudah menentukan dimana Anda akan berlibur? Disarankan Anda memilih pantai atau gunung berlibur. Selamat berlibur 🙂

 

Sumber: vemale.com

Hubungi Kami
Call / SMS
Whatsapp
cus-support-2
  We hate spam and never share your details.